Diana Nyad : Jangan Pernah Menyerah!

Diana Nyad

Segala sesuatu menjadi mungkin terjadi jika kita memiliki tekad dan usaha kuat untuk mewujudkannya. Bahkan untuk sesuatu yang dianggap mustahil sekali pun. Hal ini telah dibuktikan oleh Diana Nyad, seorang wanita asal Amerika Serikat berusia 64 tahun. Apa yang dilakukan Diana? Diana yang telah berusia lanjut ini berhasil mewujudkan impiannya yang spektakuler. Ia berhasil berenang menyeberangi samudra yang terbentang dari Havana, Kuba ke pantai Florida, Amerika Serikat. Itu bukan jarak yang pendek, melainkan sangat jauh! Dan itu bukan rute berenang biasa, namun merupakan medan yang sangat sulit dan berbahaya. Tapi tekad dan usaha Diana Nyad sungguh luar biasa.

Diana Nyad telah bercita-cita untuk berenang menyeberangi Selat Florida saat ia masih berusia 8 tahun. Ketika itu ia bersama keluarganya sedang melakukan perjalanan menuju Havana, Kuba dari rumahnya di Florida, Amerika Serikat. Selama bertahun-tahun kemudian, Diana terus menyimpan impiannya itu dan tak pernah melupakannya. Demi impiannya itu, Diana menekuni olahraga renang dan ia menjadi perenang andal pada tahun 1970an. Beberapa kali ia menyabet gelar juara renang maraton. Pada tahun 1978, ketika usianya mencapai 29 tahun, Diana melakukan usaha pertamanya untuk mewujudkan cita-citanya berenang menyeberangi Selat Florida. Diana gagal, sebab lautan yang membentang dari Havana, Kuba dan Florida, Amerika Serikat, bukan mudah untuk diseberangi dengan berenang. Laut itu penuh dengan ubur-ubur yang terkenal dengan sengatannya yang berbisa dan juga dikenal merupakan daerah yang banyak hiunya.

Dalam kurun waktu 35 tahun, Diana terus mencoba dan tak putus asa serta tidak menyerah untuk mewujudkan impian kanak-kanaknya. Namun lagi-lagi ia gagal. Penyakit asma yang dideritanya dan sengatan ubur-ubur berbisa membuat semua usahanya kandas. Hingga akhirnya, pada September 2013 lalu, pada usianya yang tidak muda lagi, 64 tahun, Diana Nyad akhirnya berhasil meraih impiannya yang telah tertunda selama 48 tahun. Ia berenang dari Havana, Kuba selama 53 jam hingga Florida di Amerika Serikat. Kali ini ia memakai baju renang khusus untuk menangkal serangan ubur-ubur berbisa. Semua orang bersorak saat Diana mencapai garis finis di pantai Key West. Sungguh tekad dan usaha yang luar biasa!

Saat ditanyakan sejumlah orang mengenai apa yang dilakukannya itu, Diana Nyad berkata: “Yang pertama, jangan pernah menyerah! Kedua, tak ada istilah terlalu tua untuk menggapai impian. Yang ketiga, ini kelihatannya seperti upaya pribadi, tapi nyatanya adalah kerja tim yang solid.”

Dari Diana Nyad kita belajar bahwa semesta memberikan kesempatan pada yang mustahil untuk menjadi tidak mustahil bagi kita selama kita tak menyerah dan berusaha keras.***

Octaviana Dina

Desember, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s