Menjaga Karakter

Good Character

Seorang pria bernama Smith awalnya adalah pengajar di sebuah universitas ternama di Amerika Serikat. Ia lalu terjun ke dunia bisnis. Otaknya yang cerdas, kepribadiannya yang dinamis serta semangatnya yang tinggi membuat Smith meraih jabatan eksekutif di sebuah perusahaan besar berskala internasional. Tak puas berhenti di situ, Smith mengincar posisi orang pertama di jajaran dewan direksi.

Meski brilian, sejak muda Smith memelihara sifat yang kurang baik. Ia gampang ingkar dan suka menyeleweng. Demi mencapai ambisi menjadi orang nomor satu di dewan direksi, Smith menghalalkan segala cara termasuk bersekongkol dengan sejumlah direktur untuk memenangkan dirinya. Mereka yang terang-terangan menentang dirinya disingkirkan. Semua skandal perselingkuhan dan korupsinya ia tutupi dengan tampil sebagai pribadi yang baik di muka umum. Smith menggunakan kekayaan, karisma, dan pengaruhnya untuk memanipulasi citra diriya agar tetap terlihat baik. Dengan taktik licik, Smith akhirnya berhasil menguasai dewan direksi Ia kini berkuasa penuh atas perusahaan berkaliber internasional yang sukses.

Akan tetapi, karakternya yang memang bengkok membuat Smith berkhianat terhadap para direktur yang dulu mendukungnya. Ia mengingkari janji-janjinya pada para pemegang saham. Ia memecat semua eksekutif andal dan menggantinya dengan orang-orang yang mau diperbudaknya. Akhir dari semua itu bisa ditebak. Perusahaan tersebut runtuh dan karir serta kehidupan Smith hancur berantakan.

Apa yang dialami Smith adalah bukti bahwa di semesta ini berlaku hukum Sebab-Akibat. Smith lalai mengatasi kebiasaan buruknya sejak muda. Ia gagal menjaga karakternya. Walau berotak cemerlang, karakter Smith yang buruklah yang menuntunnya pada kehancuran. Maka ingatlah ungkapan ini: Jagalah pikiranmu, sebab itu akan menjadi perkataan. Jagalah perkataanmu, sebab itu akan menjadi perilaku. Jagalah perilakumu, sebab itu akan menjadi kebiasaan. Jagalah kebiasaanmu, sebab itu akan menjadi karakter. Jagalah karaktermu, sebab itu akan menjadi nasibmu.***

Octaviana Dina

April 2015

4 pemikiran pada “Menjaga Karakter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s