SONATA HUTAN HUJAN

Gambar

Malam makin temaram, tapi aku masih saja mengeja jiwamu dan menerka-nerka lekuk hatimu. Hati yang kau sembunyikan di balik lapisan kelok liukan kata. Kata-kata yang bertumpuk merapat, tebal merimbun bagai gugusan pepohonan belantara hutan hujan yang enggan kumasuki. Hutan hujan tempatmu timbul tenggelam. Tempatmu menghirap, sirna lalu muncul kembali.

Kukira engkau kabut dingin banal belaka yang tak pernah jemu menggerayangi setiap pagi yang jatuh di pucuk belantara. Akan tetapi ternyata kau adalah sepasang mata bercahaya yang tak pernah lekang mengintai dari balik kelindan belukar gelap rimba basah yang enggan kujejaki.

Mata yang menyorotkan cahaya purba yang menerabas hingga jauh ke ujung relung labirin hati, meski sudah kubentangkan benteng waktu di antara kita. Aaah! Aku tak menyukai permainan ini. Mengapa aku hanya mampu membaca punggungmu yang hana dan kelam sementara cahaya matamu memantik sinar yang memandumu menelisik sekujur benakku.

Maka kupanggil si rajawali keramat yang akan membawaku terbang menjauhi belantara hutan hujan yang enggan kususuri. Aku melayang. Melayang tinggi dalam kepak raja elang. Samudera langit dan lautan awan membuatku tersungkur dalam nidera. Aku terjebak mimpi nirwana. Mimpi sarat harum mawar berlumur manis anggur. Lepas, bebas, tak terbatas.

Rajawali menukik deras. Aku terjaga dari mimpi lawas. Betapa lembut sayap-sayap ini. Aaah! Bukan! Aku bukan dalam pelukan sayap. Aku terpasung dalam rengkuhan rimbun dedaunan belantara hutan hujan yang enggan kuhampiri. Rengkuhan hangat beraroma sitrus dan cemara.

Sepasang mata bercahaya purba menyeruak dari balik hijau pekat. Membuatku tercekat. “Halo,” katamu. Aku terdiam. Kau tersenyum. Hening. Tapi ada yang gaduh di antara kita. Hatiku melarikan diri dariku. Hatimumenghambur menyongsong. Keduanya berpagutan erat tanpa malu. Lalu hutan hujan tanpa ampun melantunkan sonata cinta. Aaah…

Octaviana Dina

Jakarta, 23 Mei 2014

 

Dimuat juga di : https://www.kompasiana.com/octavianadina969/soneta-hutan-hujan_54f73b1ca33311580f8b45f6

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s